A short journey along my life

Anak dari seorang ayah dan ibu yang begitu luar biasa hebat dan penuh perjuangan, membuatku begitu bersukur akan kekayaan pengalaman dan pelajaran berharga yang aku dapat selama 16 tahun perjalanan hidup.
Hidup bahagia dengan kedua orang tua yang bijaksana dan begitu dekat dengan anak-anak.
Hingga akhirnya jalan cerita berubah di umurku yang ke-16 ini, dimana mereka kemudian membimbingku dengan cara yang terpisah,tempat yang terpisah.
Ini takdir, ini pembelajaran, ini hikmah, ini kebahagiaan (jika memang kami menganggapnya ini ujian tuhan utk menaikkan kedudukan kami) meski tentunya ini sangat pedih. Berpisah di persimpangan jalan hidup namun tetap saling mendoakan.
Ini titik balik pemikiran kami utk menjadi pejuang sejati, berjuang melewati kerasnya kehidupan meski di tempat terpisah. Berjuang bersama utk kebahagiaan kami yg mungkin sekarang sedang terserak. Ini pelajaran berharga yg kami terima yg Tuhan ajarkan agar kami mengamalkan rukun iman yg ke-6, percaya kpd Qada dan Qadar.
Terimakasih kepada Allah SWT, Mama, Papa, Ami, Iman, dan semuanya yg telah membantuku berjuang melawan kelemahan dalam hidup ini <3

Selasa, 11 Oktober 2011

mengidentifikasi permasalahan pada jaringan

Gangguan pada jaringan bisa disebabkan antara lain karena : - Tidak stabilnya tegangan listrik - Tidak berfungsinya komponen pada jaringan Komponen-komponen jaringan yang perlu diidentifikasi jika terjadi gangguan pada jaringan : 1. Server Apabila seluruh jaringan tidak dapat berfungsi berarti terjadi gangguan atau kerusakan pada server. Server adalah komputer yang biasanya dikhususkan untuk penyimpanan data atau system operasi berbasis network (Network Operating System), berisikan daftar user yang diperbolehkan masuk ke server tersebut. 2. Workstation Workstation adalah komputer yang memanfaatkan jaringan untuk menghubungkan komputer tersebut dengan komputer lain atau komputer tersebut dengan server.Apabila terjadi kerusakan pada komputer workstation berarti komputer yang digunakan tidak dapat masuk dalam jaringan sehingga tidakdapat berkomunikasi dengan komputer server maupun komputerlain dalam jaringan tersebut. 3. Hub atau Switch Hub / Switch adalah terminal atau pembagi signal data bagi kartu jaringan ( network card ). Bila terjadi kerusakan atau gangguan pada switch/hub, bisa dilihat dari lampu indikatornya. Baik lampu indikator power, maupun lampu indikator dari workstation yang terhubung. 4. Network Interface Card ( NIC ) NIC merupakan penghubung komputer kedalam sistem jaringan. Bila ada gangguan atau kerusakan pada NIC, bisa dilihat dengan cara memeriksa kabel dari NIC yang terhubung ke hub atau switch dan lihat lampu indikatornya. Jenis NIC : - LAN card PCI dengan konektor RJ45 dan BNC - LAN card ISA dengan konektor BNC 5. Kabel dan konektor Merupakan media penghubung antara komputer dengan komputer lain atau dengan peralatan lain yang digunakan untuk membentuk jaringan. Kabel dan konektor untuk membuat jaringan LAN yang banyak digunakan ada 3 jenis yaitu: (1) Jenis kabel serat optik menggunakan konektor SC dan ST Gangguan atau kerusakan pada kabel dan konektor jenis serat optik sangat jarang. (2) Jenis Kabel UTP dengan konekor RJ45. Gangguan atau kerusakan pada kabel jenis ini adalah konektor yang tidakterpasang dengan baik (longgar), susunan pengkabelan yang salah dan kabel putus.Indikasi yang dapat dilihat adalah lampu indikator yang tidak hidup pada kartu jaringan atau pada Hub/switch. (3) Jenis kabel Coaxial dengan konektor BNC. Kabel jenis coaxial memiliki akses yang cukup lambat bila dibandingkan jenis kabel lainnya dan sering terjadi gangguan karena konektor yang longgar (tidak konek), kabel short dan kabel terbuka resisto pada terminating conector. Jadi, Untuk mendapatkan jaringan komputer yang baik dan bekerja secara normal harus dilakukan perawatan secara berkala. Perawatan ini dilakukan untuk mengetahui kondisi perangkat pendukung jaringan dan kondisi jaringan dalam berkomunikasi data.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar